-->

Tujuan Perpustakaan Perguruan Tinggi

advertise here
Tujuan diselenggarakan perpustakaan perguruan tinggi adalah untuk menunjang terlaksananya program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di pergruan tinggi (yang dikenal dengan  tri dharma perguruan tinggi); dengan melalui layanan informasi meliputi lima aspek yaitu :

a)    Pengumpulan Informasi
b)    Pengolahan Informasi
c)    Pemanfaatan Informasi
d)    Menyebarluaskan Informasi
e)    Pemeliharaan/Pelestaraian Informasi. 

Perpustakaan perguruan tinggi berperan sebagai salah satu unit sarana kelengkapan pusat perguruan tinggi yang bersifat akademik dalam menunjang pelaksanaaan tri dharma perguruan tinggi. Dalam menunjang dharma pendidikan dan pengajaran, maka perpustakaan mengumpulkan, mengelola, menyediakan, serta menyebar luaskan informasi sesuai dengan kurikulum di perguruan tingginya. Dalam hal ini perpustakaan berusaha untuk memperkaya penegtahua dosen dan mahasiswa, serta mempertinggi kualitas pengajar dan mempertinggi mutu hasil belajar mahasiswa. Dalam menunjang dharma penelitian, perpustakaan berusaha mengumpulkan, mengelola, menyediakan, serta menyebarluaskan dan melestarikan informasi yang relevan sebagai sumber literarturbagi suatu penelitian. Sedangkan sebagai penunjang dharma pengabdian pada masyarakat maka perpustakaan berusaha mengumpulkan, mengolah, serta menyebarluaskan dan melestarikan hasil-hasil penelitian ilmiah sebagai bahan yang dapat yang dimanfaatkan masyarakat luas.








 Sumber Referensi
  • Hj. Suprihati, Peraturan perundang-undangan perpustakaan dan peraturan terkait, (Jakarta : Perpustakaan Nasional RI , 2004)
  •  Saleh, Abdul Rahman. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi (Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud, 1995)
  • Saleh, Abdul Rahman. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi ,

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()